You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
DKI Segera Bangun Water Treatment Plant di KBB
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

DKI Segera Bangun Water Treatment Plant di KBB

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Memiontec Indonesia akan membangun water treatment plant (WTP) di Kanal Banjir Barat mulai tahun ini.

Pipa bocor ada 40 persen, ini katanya malah mau tambah 10 persen. Lah kenapa nggak beresin yang 40 persen dulu? Makanya kita mending bikin WTP sendiri

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, perihal kebutuhan air baku menjadi air bersih masih kurang. Oleh sebab itu, Ia memilih untuk membangun sistem WTP.

"Pipa bocor ada 40 persen, ini katanya malah mau tambah 10 persen. Lah kenapa nggak beresin yang 40 persen dulu? Makanya kita mending bikin WTP sendiri," ujar Basuki dalam Penandatanganan Kerjasama Pengolahan Air Bersih PT Jakarta Utilitas Propertindo, PDAM Jaya dan PT Memiontec Indonesia, Rabu (25/5).

SWRO Pulau Karya Bermanfaat Saat Musim Kemarau

Basuki menilai, WTP milik PT Memiontec Indonesia ini dapat meningkatkan kebutuhan air bersih di Jakarta. Apalagi, perusahaan ini sebelumnya sudah memilik pengalaman, baik di negara asalnya Singapura dan Asia lainnya.

"Ini air comberan aja bisa langsung diminum. Kita harus mencontoh dengan Singapura yang sebelumnya sudah melakuan hal ini juga," jelasnya.

Sementara itu, Direktur PT Memiontec Indonesia, Dewi Kwek mengatakan, ada perbedaan dalam pengolahan air baku di Jakarta. Karena kondisi sungai yang masih terdapat sampah. Teknologi yang digunakan juga menggunakan sistem membran agar produksi air tetap konsisten.

"Karena berkaitan dengan darimana air itu berasal ada bedanya. Tetapi tidak ada kendala. Kita juga gunakan membran sistem jadi produksi airnya nggak pernah absen" tandasnya.

Dalam kerjasama ini, PT Memiontec Indonesia hanya mengolah air dari KBB. Proyek WTP ini ditargetkan selesai dalam kurun waktu satu setengah tahun.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1246 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1234 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1179 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1142 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1066 personNurito